Pengalaman Beli di Ebay Menggunakan Paypal


Sekitar bulan November 2008 Penulis coba-coba membuat akun Paypal dengan menggunakan Kartu Kredit BNI. Paypal seperti pernah diceritakan sebelumnya merupakan cara aman bertransaksi online lewat internet karena kita tidak harus memasukkan informasi rahasia kartu kredit (misal, nomor kartu kredit) setiap kali berbelanja online.

Setelah selesai Penulis pun mencoba berbelanja online melalui internet disebuah situs lelang terkenal dunia, yaitu Ebay. Disana Penulis mengikuti lelang sebuah batu cincin dengan harga minimal penawaran $6. Penulis waktu itu menawar seharga $9 dan akhirnya memenangkan lelang tersebut.

Setelah memenangkan lelang, Penulis membayar dengan menggunakan akun PayPal pada hari itu juga, dan luar biasa, dua minggu setelah pembayaran, sebuah paket berisi sebuah batu cincin diantar kealamat oleh Pak Pos, dan luar biasanya lagi, batu cincin tersebut memang benar-benar indah sesuai dengan deskripsi yang tercantum pada situs Ebay. Bayangkan, sebuah batu cincin indah dapat dibeli hanya dengan seharga $9 saja plus ongkos kirim $6, jadi total uang yang harus dikeluarkan sebesar $15 (setara Rp 150.000).

Bandingkan dengan harga di Indonesia yang harganya mungkin mencapai Rp 300.000,- hingga Rp 500.000,- untuk batu cincin sejenis.

Baca juga : Tips Berbelanja di Ebay