Tips Berbelanja di Ebay


Jika anda tertarik untuk membeli barang di Ebay, berikut tips bermanfaat berdasarkan pengalaman Penulis:
  1. Perhatikan apakah harga lelang termasuk ongkos kirim atau tidak, karena terkadang ongkos kirim bisa melebihi harga barang itu sendiri.
  2. Perhatikan kredibilitas penjual dengan melihat track record si Penjual di Ebay. Track record si Penjual adalah hasil Pooling Pembeli yang pernah bertransaksi dengan si Penjual.
  3. Pilihlah penjual yang berasal dari negara-negara makmur semacam Amerika karena biasanya mereka lebih jujur didalam mengirimkan barang yang dibeli. Negara-negara semacam Afrika atau Asia kemungkinan sering melakukan Spam atau penipuan.
  4. Jangan membeli barang yang harganya super murah untuk barang yang diperkirakan berharga mahal seperti $0.99 untuk sebuah jam tangan, karena kemungkinan itu adalah penipuan.
  5. Setelah selesai bertransaksi dengan Penjual, berilah penilaian kepada Penjual (buruk, sedang, baik, sangat baik) untuk membantu calon pembeli lain dalam hal mengetahui track record Penjual.
  6. Belilah barang di Ebay sesuai dengan batas kemampuan anda untuk menghindari penyesalan yang mendalam karena tertipu (uang sudah disetor tapi barang idak dikirim)