Cara Menghilangkan Rasa Cemas

Penulis adalah orang yang sangat mudah sekali gugup atau cemas, apa lagi kalau yang berhubungan dengan pidato/nyanyi diatas panggung dan naik pesawat terbang. Malam tadi (tanggal 7 Januari 2008) pada acara pisah sambut Kepala Cabang Lama dan Baru ditempat Penulis bekerja, penulis “dipaksa” oleh pihak panitia untuk menyayikan sebuah lagu dan membawakan sebuah puisi diatas panggung, dua buah hal yang rasanya belum pernah Penulis lakukan dan selalu Penulis hindari.

Dua jam sebelum detik-detik Penulis membawakan sebuah lagu dan sebuah puisi tersebut, keringat dingin sudah mulai mengucur dan tangan rasanya dingin sekali dengan muka pucat tentunya. Ketika seorang pelayan menawarkan minuman sebelum acara dimulai, Penulis hanya memesan secangkir minuman “Teh Tawar Hangat” karena Penulis tidak sempat lagi untuk membuka-buka buku menu.

Setelah secangkir teh tawar hangat tersebut datang, Penulis langsung meminumnya, dan anehnya… beberapa menit kemudian badan terasa mulai rileks dan keringat dingin pun sudah mulai berhenti secara berangsur, dan ketika giliran Penulis pun tiba untuk mengisi acara, Penulis dapat membawakan lagu dan puisi tersebut dengan baik dan lancar tanpa rasa gugup sedikitpun.

Penulis jadi teringat kembali ketika beberapa waktu yang lalu naik pesawat terbang ke Pulau Bali, kecemasan yang berlebihan juga menghampiri hampir di sepanjang penerbangan sampai akhirnya ketika Penulis meminum segelas teh tawar yang disediakan oleh pramugari, ajaib... rasa cemaspun langsung hilang terbang bersama angin….

Setelah Penulis membaca beberapa artikel tentang manfaat meminum teh, ternyata salah satu khasiatnya adalah bersifat menenangkan dan menghilangkan rasa cemas yang berlebihan. Berikut beberapa manfaat meminum teh (hijau) yang berhasil Penulis himpun :

Kebiasaan meminum teh, terutama teh hijau atau teh hitam (yang tidak dicampur dengan gula) ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kita. Teh yang sering kita minum khususnya teh hijau, ternyata banyak sekali mengandung manfaat, salah satunya adalah menurunkan resiko terkena serangan jantung karena ternyata teh hijau membuat pembuluh darah balik besar (aorta) memiliki lapisan yang melindungi terjadinya penggumpalan darah yang merupakan salah satu penyebab terjadinya stroke/koroner.

Selain itu ada beberapa manfaat teh hijau lainnya seperti :

Membantu Membakar Lemak
Teh hijau dapat mempercepat tingkat metabolisme karena pengaruh antioksidannya yang membantu liver berfungsi lebih efektif.

Mencegah Penyakit Jantung
Teh jenis ini diyakini dapat menurunkan kolesterol jahat LDL karena pengaruh antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol LDL dalam arteri.

Menurunkan Tekanan Darah
Penyebab utama hipertensi adalah sebuah enzim yang dikeluarkan ginjal. Obat hipertenesi terkenal adalah ACE inhibitor. Teh hijau merupakan inhibitor ACE alami dan beberapa penelitian menunjukkan tekanan darah tinggi menurun setelah diberi ekstrak teh hijau.

Melindungi Dari Diabetes
Polyphenol dari teh hijau menghalangi amylase sehingga membantu menurunkan tingkat gula darah. Tingginya glukosa dan insulin dalam darah memungkinkan orang terkena diabetes.

Mencegah Keracunan Makanan
Karena teh hijau dikenal sebagai pembunuh bakteri, minum teh hijau dapat menurunkan risiko keracunan makanan akibat bakteri karena teh hijau dapat mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya seperti clostridia dan E. coli.

Mencegah Napas Tak Sedap
Minum teh hijau dapat membunuh bakteri yang hidup di mulut sebagai penyebab bau mulut karena memiliki antibakteri alami.

Melindungi Dari Hepatitis
Hepatitis seringkali dipicu oleh tingginya tingkat zat besi dalam hati. Teh hijau terbukti dapat menurunkan tingkat zat besi di seluruh tubuh yang memiliki pengaruh langsung untuk melindungi hepatitis.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Menurut sebuah penelitian di Jepang berkumur dengan teh hijau dapat meningkatkan kekebalan dan terhindar dari influenza dan flu. Penelitian di Harvard University juga menujukkan bahwa kimiawi teh hijau dapat merangsang sel gammadelta T. yang mendukung kekebalan terhadap bakteri dan virus.