Potensi Otak Manusia

Tahukah Anda bahwa otak kita terdiri dari dua belahan ? Lebih jauh tahukah anda bahwa kedua belah otak tersebut merupakan dua otak yang terpisah ?

Seperti diketahui bawah apabila otak kiri mengalami gangguan maka belahan tubuh bagian kanan seseorang juga akan terganggu/lumpuh dan begitu juga sebaliknya jika otak kanan mengalami kerusakan maka tubuh bagian kiri yang akan merasakan dampaknya/lumpuh. Dengan kata lain sebenarnya masing-masing belahan otak mengendalikan belahan badan yang berlawanan sisi.

Seorang Profesor bernama Robert Orsntein dari Universitas California pernah meneliti Potensi Otak Manusia dengan cara mengukur gelombang yang dipancarkan otak ketika melakukan berbagai macam aktivitas, dan hasilnya sungguh mengejutkan. Ternyata dari hasil penelitiannya menujukan belahan otak kiri mengendalikan aktivitas mental seperti kemampuan Matematika, berbahasa, logika, analisa, menulis, dan aktivitas sejenis yang disebutkan tadi. Sedangkan belahan otak kanan mengendalikan aktivitas imajinasi, warna, musik, irama, melamun, dan aktivitas sejenis lainnya.

Ornstein juga menemukan bahwa orang yang sudah terbiasa memakai salah satu belahan otaknya saja akan sulit menggunakan belahan otak lainnya baik dalam situasi umum ataupun khusus. Dan yang lebih penting lagi, Ornstein menemukan bahwa jika belahan otak yang lemah dirangsang dan disuruh bekerja bersama belahan otak yang lebih kuat, maka akan tercipta kemampuan dan efektivitas otak yang jauh lebih besar.

Baca lanjutan artikel : Einstein sang penghayal jenius