Tips Di Bulan Ramadhan


Berikut beberapa tips yang bermanfaat dibulan Ramadhan :
  1. Melambatkan makan sahur. Maksudnya adalah tidak makan sahur terlalu cepat agar lapar juga tidak terlalu cepat datang. Selain itu melambatkan sahur juga merupakan sunah rasul.
  2. Sahur dengan lauk yang lama/sulit dicerna oleh tubuh seperti daging dan roti gandum dapat membuat anda kenyang lebih lama.
  3. Mengkonsumsi vitamin pada saat sahur untuk memperkuat daya tahan tubuh, tetapi menghindari vitamin penambah nafsu makan sepeti vitamin B komplek karena dapat membuat perut anda terasa lapar lebih cepat.
  4. Memperbanyak meminum air putih pada waktu sahur dapat menghindari tubuh dari dehidrasi yang berlebihan.
  5. Memakan atau meminum minuman yang manis sewaktu berbuka puasa dapat mempercepat pemulihan kondisi tubuh yang lemas sehabis puasa karena makanan dan minuman yang manis cepat diolah oleh tubuh menjadi energi.
  6. Memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur dapat mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar yang sering menimpa orang yang sedang berpuasa.
  7. Jika anda bekerja diruang ber AC, sedapat mungkin pakailah sweater untuk menghindari rasa lapar yang terlalu cepat dan masuk angin/meriang mengingat ketahanan tubuh yang sedang berpuasa biasanya menurun.