Mengatasi Anak Takut Gelap


Takut akan kegelapan merupakan hal yang biasa terjadi pada anak-anak ketika hendak tidur. Padahal penelitian menunjukan bahwa tidur lebih baik dalam keadaan gelap karena mengistirahatkan panca indra secara lebih total. Berikut tips untuk membuat anak anda terbiasa tidur dalam gelap.
  1. Hidupkan lampu tidur (lampu remang-remang) dikamar tidur anak anda. Lampu tidur memberikan sedikit cahaya yang cukup untuk menenangkan anak anda.
  2. Bertanyalah kepada anak anda apa saja yang membuatnya takut dengan kegelapan, dan cobalah menjelaskan kepadanya bahwa apa yang ia takutkan sebenarnya tidak akan terjadi.
  3. Tunjukan padanya bahwa keadaan kamarnya sama saja baik dalam keadaan gelap atau terang sekalipun, dengan cara duduk disisi ranjang bersamanya sambil mematikan dan menghidupkan lampu secara berulang-ulang.
  4. Jika tersedia, belilah lampu yang dapat diatur tingkat keterangannya, dan cobalah secara perlahan-lahan semakin meredupkan cahaya lampu dari sebelumnya setiap hari sampai lampu benar-benar mati. Dengan cara ini anak anda akan belajar perlahan-lahan menyesuaikan diri dengan kegelapan.
  5. Atau cobalah mematikan lampu kamar anak anda namun biarkan pintu kamarnya terbuka dan lampu diluar kamar menyala. Setelah ia tertidur matikan lampu luar kamar dan tutup pintunya.
  6. Matikan lampu kamar tidur dan duduklah bersama anak anda dalam gelap. Tunggu sampai anak anda terbiasa melihat dalam gelap dan merasa nyaman dikegelapan.
  7. Jangan biarkan anak anda menonton film atau game horor terutama sebelum tidur.
  8. Pasanglah alat komunikasi antara kamar anak anda dan kamar anda sehingga ia dapat memanggil anda apabila ia merasa ketakutan.