Sendok Lidah Pengusir Bau


Mungkin tidak banyak yang tahu dan menggunakan sendok lidah ini, sama halnya dengan dental floss yang masih jarang orang menggunakannya padahal keduanya mempunyai manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan mulut dan gigi.

Sendok gigi merupakan alat yang fungsinya untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel dan membusuk pada permukaan lidah (biasanya berupa lendir dan berwarnah putih) yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggosok gigi. Kotoran yang menempel pada lidah inilah yang sering menjadi penyebab terjadinya bau busuk pada nafas atau mulut.

Alat ini banyak tersedia di supermarket. Alat ini mempunyai dua sisi, dimana satu sisi berfungsi untuk membersihkan permukaan lidah bagian tengah, dan sisi lainnya untuk membersihkan permukaan pinggir lidah. Cara menggunakan alat ini adalah dengan mengerok kotoran pada permukaan lidah secara berulang-ulang sampai bersih. Setelah bersih mulut akan terasa segar dan bau mulut dapat dikurangi hingga 80%.

Jika di kota anda tidak terdapat alat ini, anda dapat menggunakan sendok makan biasa untuk mengerok kotoran yang menempel pada lidah setiap habis menggosok gigi.