Keadaan Petumbuhan Kuman


Kuman adalah organisme yang hidup seperti bakteri dan virus. Begitu kecilnya kuman sehingga hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop, sebut saja misalnya bakteri yang besar-besar jika dikumpulkan sebanyak 2000 dan dijejerkan hanya akan membentuk garis sepanjang 1 inci saja. Virus bahkan lebih kecil lagi, dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron.

Sebagian kuman masuk kedalam tubuh melalui udara yang kita hirup, umpamanya yang disebarkan diudara melalui batuk/bersin atau yang menempel pada debu atau titik air. Kuman juga bisa masuk kedalam tubuh dengan cara lainnya misalnya melalui darah, air liur, air, kotoran, dan sebagainya.

Semua kuman memerlukan kelembaban untuk hidup dan berkembang biak. Kebanyakan dari mereka memerlukan udara, meski hanya sedikit yang dapat bertahan tanpa udara seperti misalnya kuman tetanus.

Kebanyak kuman hidup subur pada suhu 37 derajat celcius. Sedikit saja yang dapat bertahan pada suhu dibawah 10 derajat celcius. Sebaliknya pertumbuhan kuman juga dapat dihalangi pada suhu 46 derajat celcius dan mati pada suhu 63 derajat celcius jiak suhu tersebut dipertahankan selama jangka waktu tertentu.