Teladan Rumah Tangga Sophan Sopian


Kematian aktor kawakan Sophan Sopian akibat kecelakaan beberapa waktu yang lalu tentu menyisakan kesedihan yang mendalam bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Namun bagi penulis yang bukan merupakan anggota keluarga atau kerabat Sophan Sopian, mengambil suatu teladan pada kehidupan rumah tangga Sophan Sopian dengan sang istri (Widyawati) yang begitu harmonis dan mesranya.

Suatu kemesraan yang benar-benar patut dijadikan taladan bagi pasangan muda seperti penulis. Bagaimana tidak, diusia pernikahannya yang sudah tidak muda lagi, Sophan Sopian masih saja seperti dulu selalu menunjukkan kemesraan dan rasa sayang kepada sang istri. Bahkan beberapa saat sebelum kepergiannya meninggalkan sang istri, Sophan Sopian masih sempat membisikkan kata-kata cinta nan mesra ke telinga istrinya seperti kebiasannya selama bertahun-tahun lamanya.

Rahasia kemesraan rumah tangga Sophan Sopian tersebut sebenarnya bukanlah kemesraan yang timbul dengan sendirinya.dan sebenarnya dapat dilakukan oleh setiap pasangan. Menurut pengakuan di sebuah infotainment, pasangan tersebut mengungkapkan rahasia kemesraan mereka dengan mengatakan yang intinya kira-kira seperti ini, “Kemesraan itu tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus diciptakan, dipupuk, dan dipelihara”

Sebuah rahasia keharmonisan rumah tangga yang sebenarnya sudah banyak orang tahu, tetapi hanya sedikit saja yang mau mempraktekkannya. Tidak seperti ketika masa berpacaran atau awal-awal pernikahan yang selalu dipenuhi dengan kemesraan, ketika usia perkawinan menginjak usia tahunan, kemesraan pun hilang dengan sendirinya secara perlahan-lahan dengan seribu alasan.

Catatan : Kemesraan, kebahagiaan, atau keharmonisan didalam rumah tangga hingga akhir hayat sebenarnya bukanlah merupakan anugerah yang hanya dimiliki oleh pasangan tertentu, melainkan sebuah cita-cita yang harus diraih dengan segala usaha secara sadar (disengaja/diciptakan).