Balas Dendam April Mop


Entah siapa yang pertama kali memulai, perayaan April Mop yang kurang lebih bisa diartikan sebagai hari dimana berbohong dihalalkan dan dimaklumi, mungkin telah meninggalkan sedikit kekesalan plus niat balas dendam bagi si korban pada perayaan tahun berikutnya.

Konon kabarnya perayaan April Mop dilakukan oleh bangsa luar sana di abad-abad terdahulu dengan cara mencuri pintu pagar tetangganya subuh dini hari bertepatan dengan tanggal Satu April, sehingga membuat kaget sang pemilik ketika terbangun meskipun pada akhirnya nanti pintu pagar tersebut akan dikembalikan lagi.

Cara tersebut kemudian berkembang dari yang semula hanya mencuri pintu pagar menjadi berbohong kepada orang lain karena jika dilakukan berulang-ulang setiap tahunnya tentu tidak akan membuat pemilik rumah kaget lagi, dan lagipula jaman sekarang rasanya tidak mudah dan tidak praktis.untuk melepaskan pintu pagar rumah seseorang karena pagar dibangun dengan kokoh (terbuat dari beton dan besi)

Beberapa waktu yang lalu rekan-rekan sekantor Penulis pun terkena imbas perayaan tersebut, ketika salah satu rekan mengirimkan SMS pada tanggal 1 April malam sekitar pukul 10 malam dengan bunyi “Ada berita buruk untuk kita semua, segera hubungi saya sekarang !!” SMS tersebut dikirm ke hampir seluruh pegawai kantor termasuk Ofiice Boy, Satpam, Staff, dan bahkan Kepala Bagian.

Efeknya luar biasa, seluruh penerima SMS menelpon ke si pengirim untuk mengetahui peristiwa apakah gerangan yang terjadi, namun setelah ditelpon berulang kali (4 sampai 5 kali) si pengirim tidak juga menjawab panggilan. Meskipun sebagaian penerima mulai curiga karena mengaitkan SMS tersebut dengan tanggal hari itu (tanggal 1 April) namun tetap saja dua orang diantara penerima SMS penasaran, yaitu Office Boy kami yang mendatangi rumah si pengirim untuk mengetahui berita buruk tersebut dan parahnya lagi, Kepala Bagian pun turut penasaran dengan mendatangi kantor kami (jaraknya lumayan jauh) karena mengira kantor dalam keadaan terbakar meskipun hari sudah tengah malam dan diguyur hujan.

Perayaan April Mop, meskipun bukanlah budaya ketimuran, namun hendaknya memperhatikan batasan-batasan yang tidak boleh dilampaui. Diantaranya adalah tujuannya hanya sekedar untuk lucu-lucuan dan tidak membahayakan atau menyusahkan orang lain. Dan mudah-mudahan, April Mop tidak dianggap sebagai hari peringatan berbohong sedunia dan menjadi budaya sehari-hari.