Pengobatan Tradisional Indonesia

Penggunaan obat-obatan tradisional memiliki sejarah yang panjang dan banyak dipakai diberbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Pengobatan ini meliputi beberapa cara pengobatan seperti apotik hidup yang menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagai obat atau berupa teknik pemijatan.

Obat-obatan tradisional sering cocok untuk berbagai penyakit yang umum dijumpai, bahkan terkadang sering lebih manjur dari obat-obatan modern. Selain itu pengobatan tradisional pada umumnya lebih aman dari obat-obatan modern karena tidak begitu keras. Sebagai contoh, banyak pengobatan tradisional untuk sakit flu lebih bermanfaat dan menimbulkan lebih sedikit masalah dibandingkan dengan obat semprot hidung, sirup obat batuk, atau antibiotika yang bisa menimbulkan beberapa efek samping seperti mengantuk dan merusak lever.

Contoh lain adalah untuk penyakit mencret. Jika menggunakan obat tradisional maka yang dibutuhkan hanyalah secangkir teh tawar panas tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan kimia yang jika dikonsumsi terlalu sering dapat merusak organ tubuh manusia.

Pengobatan tradisional mungkin tidak cocok untuk penyakit yang sudah sangat parah dan ganas. Namun boleh jadi pengobatan tradisional dipakai sebagai pelengkap dari pengobatan modern untuk mencapai hasil yang maksimal.