Persiapan Melakukan Meditasi

Mungkin anda bisa membedakan antara kehidupan yang normal dan kehidupan yang penuh dengan tekanan atau stress. Stress adalah cara alami tubuh kita mengatasi hal-hal yang terjadi di sekeliling kita. Itu bukanlah hal buruk jika terjadi dalam waktu yang singkat, namun jika kita terlalu sering mengalami stress terutama dalam jangka waktu yang lama maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Semua orang sebaiknya belajar bagaimana cara mengurangi stress melalui meditasi. Cara bermeditasi secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut :

Mempersiapkan Suasana/Tempat
Membuat suasana yang nyaman adalah hal terpenting dalam proses meditasi. Anda sebaiknya mengusahakan tempat yang sesunyi mungkin tanpa gangguan apapun, jika anda menginginkan alunan suara musik, maka pilihlah musik yang lembut dan memberikan rasa damai.

Mempersiapkan Perlengkapan
Untuk hasil yang lebih baik dibutuhkan beberapa perlengkapan, namun hal itu bukanlah suatu keharusan. Namun beberapa orang mengatakan bahwa hal ini akan sangat membantu didalam bermeditasi, misalnya cahaya lilin, aroma terapi, dan sebagainya.

Berpakaian Yang Nyaman
Berpakaianlah dengan pakaian yang nyaman karena didalam bermeditasi perasaan kita harus dalam keadaan yang nyaman. Beberapa orang bahkan merasa nyaman ketika mereka bermeditasi dalam keadaan telanjang.

Manfaat Bermeditasi
  1. Meningkatkan kesabaran
  2. Menikmati hidup dengan nyaman dan damai
  3. Lebih sensitif terhadap beberapa jenis cahaya
  4. Pikiran lebih jernih dan segar
Banyak pengalaman menunjukkan manfaat meditasi bagi kesehatan. Salah satunya adalah dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan stress seperti seperti rasa sakit berlebihan, anxiety, PMS, masalah tidur, atau pusing kepala. Sebagai contoh, sebanyak 20 orang dari 22 orang sukarelawan yang mempunyai masalah diatas menunjukan perubahan kesahatan yang membaik setelah mengikuti kelas meditasi selama delapan minggu