Cara Kerja Meditasi

Ketika mendengar kata meditasi mungkin anda akan langsung berpikir pada ritual keagamaan atau pemujaan. Namun sebenarnya boleh jadi anda salah karena asal kata meditasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu meditari (berpikir) dan mederi (menyembuhkan).

Meditasi bisa didefinisikan sebagai latihan relaksasi tubuh dan pikiran. Tetapi juga bisa dikatakan meditasi bekerja pada pikiran dan mempunyai efek bagi tubuh. Tujuannya adalah agar tubuh kita terbebas dari dunia nyata dan memasuki alam spiritual. Hal ini mungkin dilakukan jika seluruh aktivitas pikiran di kurangi atau dengan kata lain memusatkan pada satu pikiran.

Kebanyakan teknik meditasi berasal dari belahan timur dunia. Umumnya meditasi di praktekkan didalam ritual keagamaan di China , India, dan Jepang. Pada awalnya meditasi hanya terkait dengan kegiatan keagamaan, namunsekarang ini orang-orang sudah banyak mempraktekkannya untuk tujuan kesehatan.dan mengurangi stress.

Mengapa Sebaiknay Bermeditasi ?
Ada beberapa alasan utama mengapa meditasi perlu dilakukan :

  1. Meningkatkan konsentrasi.
  2. Tidak mudah terganggu oleh hal-hal yang kurang berarti penyebab stress
  3. Menjaga kesehatan. Jika anda terbebas dari stress maka anda juga akan terhindar dari beberapa penyakit seperti darah tinggi dan jantung.
  4. Mengenal diri sendiri

Jenis Meditasi

  1. Pemusatan pikiran, yaitu dengan cara memusatkan pikiran pada satu objek, misalnya pernapasan, suara, gambar, atau mantra
  2. Meditasi sadar, maksudnya adalah orang yang bermeditasi tetap sadar dengan apa yang ada disekelilingnya namun pikiran tetap di hilangkan.

Bagaimana Cara Kerja Meditasi
Hal yang perlu anda ketahui adalah meditasi mempunyai efek berbeda pada masing-masing orang. Namun umumnya meditasi layaknya sebuah istirahat yang menyeluruh. Ketika bekerja keras secara phisik, maka tubuh kita membutuhkan istirahat, dan begitu juga dengan pikiran. Setelah seharian menerima berbagai informasi seperti bau, suara, perasaan, pengelihatan, dan sebegaianya maka pikiran juga memerlukan istirahat.

Tidur merupaan salah satu cara untuk mengistirahatkan pikiran, namun terkadang kita begitu tertekan atau stress sehingga pikiran kita tidak bisa beristirahat meski disaat tidur sekalipun. Untuk mengatasi hal tersebut itulah meditasi dibutuhkan. Meditasi masuk tepat pada pikiran yang tertekan dan tidak nyaman. Meditasi bukan untuk mencari solusi atas masalah-masalah yang ada didalam pikiran, melainkan merubah sikap atau cara kita dalam menghadapi masalah tersebut.

Orang-orang yang telah mempraktekkan meditasi telah menurunkan aktivitas metabolisme didalam tubuh mereka dengan salah satu bukti berupa penurunan yang cukup signifikan dalam pemakaian oksigen pada tubuh mereka. Bahkan penurunan pemakaian oksigen tersebut bisa mencapai 20% dibawah normal. Orang-orang yang mempraktekkan meditasi juga menghirup udara sebanyak kurang dari satu liter dalam satu menit dan jantung berdetak berukrang dari orang normal kebanyakan. Bahkan tekanan darahpun ikut menurun.