Jangan Rusak Jantungmu

Mungkin anda tidak terlalu memperdulikan kesehatan jantung anda, hingga anda melihat seseorang yang terkena serangan jantung menggelepar tak terkendali. Faktanya adalah jantung merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan kita. Dalam sehari, jantung akan berdetak sebanyak 100,000 kali. Ada sebuah kekuatan yang besar dibalik satu detak jantung kita. Untuk memberikan anda sebuah contoh, cobalah meremas sebuah bola tenis kuat-kuat, maka tenaga yang dikeluarkan akan sama dengan kekuatan jantung memompa darah keseluruh tubuh.

Kelainan Jantung
Kelainan jantung disaat lahir adalah salah satu bentuk cacat lahir. Kelainan jantung bisa berupa kelainan bentuk phisik jantung, yang bisa menyebabkan berbagai hal. Kelainan jantung juga berpengaruh kepada ritme jantung, bahkan sampai kepada menghalangi aliran darah kejantung.atau darah sampai ke jantung dengan cara yng tidak normal. Ada banyak penyebab terjadinya kelainan jantung, seperti meminum obat-obatan pada saat mengandung, faktor lingkungan dan sebagainya.

Memperbaiki Kinerja Jantung
Olah raga secara teratur bisa memperkuat jantung dan sistem cardiovascular. Olahraga membuat darah terpompa lebih kuat dan sehat, serta membantu pasokan oksigen ke seluruh tubuh lebih baik. Memakan makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan bisa menurunkan reisko terkena penyakit jantung.

Menghindari Stress
Stress merupakan perusak jantung yang terbesar. Stress dapat merusak seluruh organ tubuh kita dan sayangnya tidak banyak orang yang tahu hal tersebut. Menghindari stress dengan pola hidup santai dapat membuat jantung lebih sehat dan kuat.

Faktor Resiko
Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit jantung lebih beresiko terkena penyakit jantung. Dengan adanya resiko ini, pencegahan harus dilakukan.. Tidak ada cara untuk merubah sifat-sifat genetik, tetapi mengetahui sejarah kesehatan keluarga penting dilakukan untuk membuat langkah-langkah pencegahan.