Bahaya Memandang Sinar Matahari

Di hari yang cerah bepergian di alam terbuka tanpa perlindungan terhadap sinar matahari langsung dapat berbahaya bagi kesehatan. Saran memakai krim sunblock untuk menghindari sinar matahari yang mengenai kulit mungkin sudah sering anda dengar, tetapi efek memandang atau terkena sinar matahari secara langsung pada mata masih jarang.

Sebagai akibatnya, banyak oarang yang tidak menghiraukan peringatan untuk melindungi pandangan mereka dari sinar matahari langsung dan menganggap melindungi kulit dari sinar UV lah yang lebih penting.

Kontak langsung antara mata dan sinar matahari langsung bisa menjadi sangat berbahaya bahkan bisa sampai pada kebutaan apabila anda tidak menggunakan kacamata anti UV yang sudah memenuhi standar (sebagai catatan, kacamata/sunglasses yang memenuhi standar minimal anti UV apabila pada kacamata tersebut tertulis UV400)

Ada dua macam jenis radiasi ultraviolet.

  • UV-A adalah jenis UV yang masuk jauh kedalam mata
  • UV-B cenderung merusak kornea dan lensa mata

Beberapa dampak buruk sinar matahari terhadap kesehatan mata diantaranya dapat menyebabkan kebutaan, katarak, kanker kulit sekitar mata, serta tumbuhnya selaput pada mata yang menghalangi pandangan (pterygium).

Lensa kacamata berwarna merupakan suatu pilihan yang cukup baik selain sunglasses. Pilihlah terutama yang berwarna coklat atau kehijauan. Intinya adalah semakin gelap semakin baik.

Namun demikian cobalah untuk menghindari warna kuning, merah muda atau biru. Meskipun terlihat keren, namun warna tersebut tidak dapat mnyeraing sinar UV dan bahkan bisa membuat mata tidak dapat mengenali beberapa warna yang tentunya dapat membahayakan apabila anda sedang menyetir.