Trik Mengingat Sesuatu

Ada dua hal penting yang dapat digunakan untuk mengingat sesuatu yaitu aspek linking (pengaitan) dan aspek outstandingness (kemenonjolan). Berikut trik mengingat sesuatu :

Pengaitan (links)
Jika anda harus mengingat banyak kegiatan yang harus dilakukan, cobalah untuk mengaitkan antara satu dengan yang lainnya.

Kemenonjolan (Outstandingness)
Untuk memudahkan mengingat sesatu cobalah untuk melebih-lebihkan atau membesar-besarkan gambaran gabungan dari berbagai hal yang ingin diingat dengan mengerahkan semua indra yang ada pada diri anda. Misalkan cobalah untuk seolah-olah melakukan, merasakan, mencium, meraba, dan sebagainya apa yang ingin anda ingat tersebut.

Adalah mustahil bagi kita untuk mengingat yang tidak bisa ditangkap oleh indra kita. Dengan demikian memory sangat bergantung sekali kepada “cara memasukkan sesuatu kedalam otak”. Contoh dari penjelasan diatas adalah ketika kita pertama kali berkenalan dengan seseorang, seringkali kita lupa mengingat namanya untuk pertemuan yang selanjutnya karena kita tidak terlalu memperhatikan orang tersebut secara detil. Untuk memperkuat daya ingat otak, cobalah mencari sesuatu yang unik dari orang tersebut atau mencari kemiripan atau mengaitkan orang tersebut dengan orang yang kita kenal.

Berikut cara merangsang otak dalam melatih daya tampung dan daya panggil secara lebih intensif :

  1. Meningkatkan aktivitas yang menurut pengalaman anda dapat membantu mengingat
  2. Mengerahkan perhatian terhadap mimpi dengan mencoba mengecek secara teliti image (bayangan) yang menurut anda sudah anda “lupakan sebelumnya”
  3. Berusaha mengenang suatu masa dalam kehidupan dimasa lampau, dengan menelusuri semua unsur-unsur kehidupan anda pada saat itu.
  4. Menyusun catatan harian yang memakai kata kunci tertentu, gambar khusus, dan juga ragam warna.
  5. Mengatur jadwal belajar sedemikian rupa untuk memaksimalkan efek primacy dan recency serta mengurangi kejenuhan.
  6. Kaji ulang, untuk memastikan bahwa daya kaji ulang bekerja dengan baik sebelum hal yang ingin diingat mulai menghilang dalam otak anda.
  7. Merangsang penggunaan belahan otak kanan
  8. Mencoba meresapi dan melihat sesuatu secara serinci mungkin. Semakin rinci anda melihat sesuatu, semakin mudah otak akan memanggil ingatan tersebut.

Baca lanjutan artikel : Cara mendengar yang effektif