Pemanfaatan Daya Panggil Memory

Setelah mengetahui bahwa ada lima faktor yang membantu manusia dalam mengingat sesuatu maka kita dapat memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan kinerja otak kita. Contoh memanfaatkan primacy dan recency (baca arikel sebelumnya : Cara Kerja Daya Panggil) adalah jika selama ini kita belajar selama 4 jam non stop, berarti kita hanya akan mendapatkan satu primacy dan satu recency. Tetapi jika kita hanya belajar selama dua jam saja kemudian istirahat dan belajar lagi selama dua jam, maka kita akan mendapatkan dua primacy dan dua recency. Artinya, kita tidak perlu lama belajar, tetapi yang penting adalah lebih sering belajar meskipun dalam waktu yang singkat.

Pengalaman menunjukan bahwa sebenarnya belajar yang effektif adalah hanya sekitar antara 10 sampai dengan 45 lima menit saja, tergantung pada tingkat kesulitan pelajaran dan besarnya minat belajar anda. Sebentarnya waktu belajar namun dengan intensitas yang lebih tinggi akan membantu tingkat daya panggil otak atas informasi yang telah disimpan.

Contoh lain memanfaatkan cara kerja daya panggil memory selanjutnya adalah dengan mengingat sesuatu yang tidak lazim, menonjol, atau mencolok. Prakteknya dalam belajar adalah dengan memberi tanda garis, stabilo, mewarnai pada bagian-bagian yang ingin diingat.

Sedangkan point terakhir dari cara kerja daya panggil memory adalah review. Kaji ulang atau review sangatlah penting dan sifatnya bukanlah hanya sekedar mengulang sesuatu, melainkan peninjauan kembali informasi yang sudah dipahami sebelumnya. Kaji ulang menuntut waktu tertentu, maksudnya setelah belajar selama waktu tertentu, pikiran harus diistirahatkan beberapa saat, misal 10 menit.

Baca lanjutan artikel :Trik mengingat sesuatu