Cara Kerja Daya Panggil

Setelah kita tahu bahwa sebenarnya daya tampung otak kita sangatlah besar, maka kita alihkan perhatian kita ke aspek memory yang kedua yaitu daya panggil otak manusia. Ada lima faktor yang membantu memory manusia untuk memanggil informasi yang telah tersimpan, yaitu primacy, recency, linking, outstandingness, dan review :

Primacy (Kejadian Yang Paling Awal)
Dalam suatu peristiwa, biasanya otak akan lebih mudah memanggil informasi kejadian awal suatu peristiwa.

Recency (Kejadian Yang Paling Akhir)
Otak manusia juga lebih cenderung untuk lebih mudah mengingat akhir dari suatu peristiwa atau kejadian.

Linking (Kejadian Yang Berkaitan)
Otak manusia juga lebih mudah untuk mengingat atau mengambil informasi dari otak atas kejadian-kejadian yang saling berkaitan satu sama lain.

Outstandingness (Kejadian Yang Paling Menonjol)
Manusia otomatis akan mengingat suatau kejadian yang paling menonjol tentang hal-hal yang aneh, atau tidak lazim, menyimpang. Dalam daftar kata sebelumnya tentu anda mengingat kata “Marcos” sebuah kata yang paling aneh dari darftar kata diatas.

Review (Kejadian Yang Ditelaah)
Para ahli berkeyakinan bahwa kemampuan mengingat tergantung juga kepada kekuatan pola otak yang dibangun secara biologis atau elektris. Caranya adalah dengan membuat pola otak secara berulang. Maksudnya adalah segala sesuatu yang dikaji akan cenderung lebih mudah diingat lebih lama dan kuat didalam otak dibanding sesuatu yang hanya sekilas diperhatikan.

Baca lanjutan artikel : Pemanfaatan daya panggil memory