Navigasi Dalam Ruangan

Navigasi di luar ruangan dengan bantuan satelite (GPS) sudah lama dikenal dimasyarakat, terutama yang akrab dengan dunia maritim, pertambangan, dan kegiatan lapangan lainnya. Fungsinya selain sebagai penentu lokasi suatu tempat, juga digunakan untuk mengukur ketingggian, kecepatan, dan jarak.

Namun karena menggunakan sinyal satelit, GPS (Global Positioning System) mempunyai kelemahan sering mendapatkan gangguan ketika digunakan didalam ruangan karena sinyal dari satelit seringkali dipantulkan oleh dinding sehingga mengurangi keakuratan atau tidak terdeteksi sama sekali.

Berbeda dengan IPS (Indoor Positioning System), sistem ini dirancang khusus untuk penggunaan didalam ruangan dengan menggunakan sinyal radio Ultra Wide band yang dirancang untuk jangkauan sangat pendek dan hubungan data tinggi, mirip bluetooth. Pulsa radio ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui posisi didalam ruangan tertutup misalnya posisi petugas pemadam kebakaran yang sedang berada didalam gedung penuh asap dan api.
Sistem ini dikembangkan oleh Thales, sebuah perusahaan luar angkasa di Perancis. Jika dikomersialkan, maka IPS diperkirakan dapat ditawarkan sebagai layanan tambahan pada posel ber GPS.