Benarkah Kapasitas Gmail Besar

Kapasitas memory yang ditawarkan oleh penyedia layanan email gratisan saat ini sangat-sangat besar. Contoh yang paling besar disediakan oleh gmail yang mencapai 1 - 6 gigabyte, tetapi benarkah kapasitas yang disediakan sebegitu besar ?

Coba bayangkan jika pengguna layanan gmail mencapai 2 juta orang, berarti pihak Google harus menyediakan server dengan kapasitas paling tidak sebesar 12.000.000 Gb untuk mampu melayani seluruh penggunanya.

Sebenarnya Google tidak menyediakan kapasitas memory sebesar itu. Apa yang tercantum sebagai kapasitas yang ditawarkan sebenarnya hanyalah merupakan batasan maksimal. Maksudnya adalah ketika seorang pengguna memakai memory sebesar 100 Mb, maka yang disediakan oleh Google pun sebenarnya hanya sebesar 100 Mb. Ketika pengguna tersebut menaikkan kapasitas pemakaian memorynya menjadi 200 Mb, maka Google juga menaikkan kapasitas memorynya menjadi 200 Mb hingg mencapai titik tertinggi misalnya 6 Gb.
Sytem ini dikenal dengan sebutan Storage On Demand, atau jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia menjadi “Penyimpanan Sesuai Permintaan”. Maksudnya adalah kapasitas memory penyimpanan hanya sebatas pemakaian hingga mencapai titik quota tertinggi.