Catridge Orisinal Lebih Hemat

Banyak orang menggunakan cartridge (tinta) refill dengan tujuan untuk menghemat uang jika dibandingkan dengan membeli cartridge asli. Tetapi ternyata anggapan itu selama ini salah besar, karena berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukan sebaliknya, yaitu cartridge orisinal lebih hemat.

Adalah sebuah lembaga independen bernama Lembaga Riset TUV SUD PSB yang disewa khusus untuk meneliti tingkat efesiensi antara cartridge asli dan refill yang sekarang ini banyak dijual di toko-toko komputer secara bebas. Penelitian dilakukan sejak bulan Februari hingga Juni 2007, dengan mengevaluasi jumlah halaman cetak dan keandalan cartridge inkjet HP terhadap 14 merek cartrige daur ulang dan refill di seluruh Asia pasifik, dengan total seluruhnya 926 jenis. Yang dipilih tentunya adalah merek-merek terkenal di kawasan Asia.

Hasil penelitian tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu berdasarkan keandalan (ketahanan) cartridge dan berdasarkan seberapa banyak jumlah hasil cetakan tiap-tiap merek. Dan secara mengejutkan penelitian membuktikan bahwa cartridge HP orisinal menghasilkan cetakan dua kali lebih banyak dari cartridge daur ulang atau refill. Sedangkan berdasarkan keandalan cartridge, 25% cartridge daur ulang atau refill rusak pada saat pertama kali dipakai.