Melatih Kemampuan Matematika

Sebenarnya kemampuan Matematika seseorang tidaklah dipengaruhi oleh ras, suku, ataupun jenis kelamin seseroang melainkan dipengaruhi oleh teknik, praktek, dan memory.

Teknik Pengerjaan
Seseorang yang mempunyai kecedasan yang sama akan berbeda kemampuan Matematikanya jika salah satunya mempunyai teknik tertentu dalam mengerjakan perhitungan Matematika.

Latihan Secara Terus - Menerus
Para ahli Matematika mengakui bahwa bukan hanya teknik yang diperlukan dalam menguasai Matematika atau bilangan, melainkan juga latihan yang sunguh-sungguh. Kemampuan Matematika merupakan suatu keahlian, dan membutuhkan latihan agar otak terbiasa dan akrab dengan aspek pengerjaan Matematika

Teknik Mengingat
Para ahli Matematika juga mempunyai teknik dalam mengingat rumus didalam otaknya. Bukan berarti mereka mempunyai daya ingat yang sangat kuat, melainkan teknik mengingat yang dapat membuat kemampuan menjadil lebih optimal.

Ada beberapa permainan Matematika yang sangat berguna untuk mempertajam dan melatih kecerdasan dan kemampuan Matematika yaitu permainan komplemen 100, kelipatan dua, dan bagi dua.

Contoh 1 : Dalam permainan komplemen 100, sebutkan suatu angka misalnya angka 64, dan tanyakan kepada teman anda komplemen 100 dari angka tersebut, kemudian lakukanlah secara bergiliran sehingga anda mampu menyebutkan komplemen 100 dari suatu angka dengan cepat.

Contoh 2 : Dalam permainan kelipatan dua. Sebutkan sebuah angka dan suruhlah teman anda untuk menyebutkan hasil pengalian angka tersebeut dengan angka dua, dan lakukan secara bergiliran.

Baca lanjutan artikel : Kemampuan logika dan analisa