Kreativitas dan Struktur Otak

Hampir semua orang sebenarnya memiliki daya kreativitas yang lebih besar dari yang ia bayangkan. Berikut uji kreativitas untuk mengetahui tingkat kreativitas anda secara sederhana. Ambilah secarik kertas kosong dan kemudian tulislah sebanyak mungkin fungsi kegunaan dari penjepit kertas dalam jangka waktu 2 menit.

Setelah selesai bagi jumlah daftar kegunaan yang anda telah tulis dengan angka dua. Misal anda membuat 10 daftar kegunaan penjepit kertas dan kemudian dibagi dua, maka hasilnya adalah kecepatan rata-rata kemampuan anda dalam mebuat daftar kegunaan penjepit kertas yang dapat anda ingat selama satu menit.

Kreativitas merupakan aktivitas (pikiran) yang kebanyakan orang menganggapnya sebagai aktivitas mental yang kurang berkembang. Ini tidak mengherankan karena otak kreatif kita jarang dilatih (baca artikel sebelumnya). Setiap aktivitas yeng melibatkan imajinasi, warna, irama atau bentuk sering dilecehkan dan dianggap sebagai kegiatan yang tidak bermanfaat. Padahal aktivitas yang melatih otak kiri (mengambar, membaca, mewarnai, bernyanyi, dsb) dapat meningkatkan daya kreativitas.

Latihan Kreativitas
Sediakanlah sebuah kertas putih dan buatlah gambar suatu benda yang disekelilingnya akan anda buat ide-ide kreatif. Lalu dengan mengerahkan segala kemampuan anda, hubungkanlah gambar tengah tersebut dengan sebanyak mungkin ide yang bisa didapat dari kepala anda (Brain Storming).

Sewaktu melakukan latihan ini, usahakan setiap ide yang dituliskan disekeliling gambar tersebut, terpisah dengan jelas satu sama lain agar otak anda lebih lancar menghasilkan ide-ide lain.

Brain Pattern
Dari hal diatas dapat diketahui bahwa sebenarnya ide-ide yang dimasukkan dan dipanggil dari otak anda tidak dalam bentuk kalimat atau daftar kata-kata. Melainkan dalam bentuk kata kunci

Baca lanjutan artikel : Melatih kemampuan matematika