Mata Sebagai Keajaiban Biologis

Mata juga merupakan kejaiban mekanisme biologis karena memiliki 150 juta unit penerima cahaya. Unit ini dapat memproses ribuan milyar partikel cahaya (foton) perdetik.

Pupil Mata
Biasanya ukuran pupil mata akan membesar atau mengecil tergantung dengan ukuran cahaya yang diterimanya. Penelitian membuktikan ukuran pupil juga dipengaruhi oleh emosi dan ketertarikan akan sesuatu yang dilihat.Pengetahuan ini dimanfaatkan oleh para pedagang batu jamrud di Cina pada jaman dahulu. Sambil menyodorkan batu jamrud ke calon pembelinya, pedagang tersebut mengamati perubahan ukuran pupil matanya. Bila ternyata pupil membesar, pedagang tahu bahwa calon pembeli sudah terpikat dengan batu jamrud tersebut dan ia dapat segera menaikkan harganya.

Penglihatan Yang Berbeda
Meskipun kita melihat objek atau warna yang sama dengan orang lain, tetapi belum tentu kita juga memiliki cara pandang atau mengartikan hal yang sama dengan orang tersebut. Hal ini disebabkan oleh faktor perasaan kita pada saat itu, misalnya orang yang sedang jatuh cinta akan memandang sekelilingnya “CERAH” sementara orang yang mengalami depresi cenderung memandang sekelilingnya “HITAM” atau “GELAP”

Baca lanjutan artikel : Hubungan penglihatan dan aspek lain