Hubungan Penglihatan dan Aspek Lain

Penglihatan memiliki hubungan dengan banyak aspek lain dalam kehidupan kita seperti kesehatan, emosi, indra lain, dan memory otak kita :

Penglihatan dan Kesehatan
Umumnya jika sesorang dalam keadaan sakit, akan terpancar dari mata atau penglihatannya. Mata yang jernih dan berbinar biasanya menandakan orang tersebut sehat, dan mata yang buram serta tidak bersemangat menunjukan kecenderungan orang tersebut dalam kedadaan yang tidak fit atau sakit.

Penglihatan dan Emosi
Penglihatan juga dapat menjadi gambaran emosi seseorang. Fakta menunjukan bahwa keadaan emosi seseorang dapat mempengaruhi daya penglihatannya. Misalnya seseorang yang dalam keadaan tertekan umumnya akan membuat mata menjadi kaku dan tegang sehingga membuat penglihatan menjadi tidak tajam/kabur

Penglihatan dan Indra Lain
Sama seperti pendengaran, penglihatan juga berhubungan dengan indra lainnya. Semakin ekstensif mata digunakan, maka senakin tajam pula indra lainnya. Buktinya adalah pada saat kita menonton film, tentu kita akan merasa terganggu jika gambar yang ditayangkan tidak sinkron dengan narasi atau suara yang dikeluarkan.

Penglihatan dan Ingatan
Ingatan tergantung kepada informasi yang disampaikan oleh saraf indra ke dalam otak. Apabila informasi yang ditangkap oleh mata kabur, maka otak akan sukar mengingat secara lebih jelas dan akurat pula.

Baca lanjutan artikel : Cara menajamkan penglihatan