Cara Effesien Membuat Catatan

Membuat catatan yang ringkas dan effesien merupakan persoalan bagi siapapun yang pernah duduk dibangku sekolah. Ada cara yang dapat digunakan untuk membuat catatan menjadi lebih informatif, lebih mudah dimengerti, dan effesien yaitu :

Metode Tradisional
Yang dimaksud dengan metode teradisional disini adalah teknik peringkasan catatan atau yang paling populer saat ini adalah sistem penulisan singkat, yaitu penyingkatan kata menjadi simbol-simbol sehingga kita dapat menulis secepat membaca atau secepat berbicara.

Menggunakan Kata Kunci
Peneliti dari Universitas Exeter dan sejumlah peneliti lainnya telah melakukan studi tentang teknik membuat catatan yang paling effektif dan effesien. Ternyata dari hasil penelitian menunjukan bahwa catatan yang effektif dan effesien adalah catatan yang paling sedikit memuat kata kunci.

Kata kunci didefinisikan sebagai kata yang mencakup isi materi bahasan secara paling singkat dan paling gampang untuk diingat. Penemuan ini cukup mengagetkan karena ternyata pikiran kita dapat mengingat simbol lebih baik dibandingkan dengan kalimat atau kata-kata. Dan ternyata dari semua yang kita dengar, ucapkan, dan lihat, hanya sekitar 1% sampai dengan 10% saja yang merupakan kata kunci.

Suatu cara lain untuk memahami kerja otak anda yang sebenarnya adalah dengan membayangkan bagaimana pikiran anda diorganisisr ketika sedang menceritakan suatu kejadian kepada orang lain. Dalam proses penceritaan tersebut tentulah anda sebenarnya tidak mempersiapkan seluruh kalimat yang akan diucapkan, melainkan hanya mengingat gambaran umum atas suatu peristiwa yang akan diceritakan dan kemudian mengembangkannya menjadi lebih detil.

Membuat Catatan Secara Kreatif
Karena hanya sekitar 10% saja kata kunci dari suatu wacana, maka pencatatan kata-kata kunci akan menghemat sekitar 90% catatan kita dan kecepatan menulis akan meningkat 10 kali lipat. Disamping itu daya panggil otak kita juga akan meningkat drastis karena tidak perlu mengingat kata-kata yang tidak penting.

Cara membuat catatan singkat yang memuat kata kunci dan penyingkatan kalimat, dapat dikombinasikan dengan penambahan simbol-simbol, pewarnaan, pengambaran 3 dimensi, variasi ukuran, pembuatan garis besar, garis bawah dan sebagainya.

Baca lanjutan artikel : Kreativitas dan struktur otak