Cara Menajamkan Penglihatan

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menajamkan penglihatan yaitu :

Analisa Objek
Persiapkan pikiran anda, lalu amati seteliti-telitinya berbagai aspek atau unsur di lingkungan sekitar anda. Lalu amati horizon, warna pakaian, postur, gerak tubuh, dan lain lain. Lalu coba pejamkan mata dan coba untuk mengingatnya kembali. Selanjutnya geser penglihatan anda ke arah lain sambil terus mencoba mengingat sebanyak mungkin setiap detil yang anda lihat.

Untuk lebih sempurnanya lagi, pada saat menutup mata anda, bayangkan objek yang anda lihat tadi secara detil. Ulangi prosedur latihan ini beberapa kali hingga bayangan anda sama persis dengan objek aslinya.

Penglihatan Periferial
Dari 150 juta sel penerima cahaya yang dimiliki retina, hanya sekitar 5% saja yang dimanfaatan untuk melihat, sisanya masih belum digunakan secara optimal dan dapat digunakan sebagai penglihatan periferial. Penglihatan periferial adalah penglihatan tepi mata, atau penglihatan bawah sadar. Ketika kita menendang bola, kadang kala kita masih tetap dapat menendangnya meski mata tidak terlalu fokus melihat bola yang ditendang.

Untuk melatih padangan periferial, cobalah untuk melihat ke suatu benda secara fokus dan cobalah untuk melihat benda lain disekitar benda tersebut tanpa mengalihkan fokus penglihatan ke benda yang pertama dilihat tadi.

Baca lanjutan artikel : Cara menjaga mata