Cara Menjaga Mata

Jika kita ingin mata kita tetap awas seiring dengan pertumbuhan usia, maka kita harus melakukan perawatan atau menjaga mata kita. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menjaga mata kita seperti tidak lupa untuk mengedipkan mata beberapa kali ketika kita sedang melihat sesuatu untuk jangka waktu yang lama seperti membaca atau menonton TV.

Jika mata terasa jenuh, jangan dipaksakan untuk melihat lagi, tetapi cobalah untuk sementara memejamkan mata dan selanjutnya cobalah untuk mengatur pernafasan anda agar mata menjadi lebih rileks, karena baisanya pada saat kita melihat sesuatu dengan fokus, pernafasan juga cenderung “tertahan”

Selanjutnya tentu saja berusalah untuk menjaga kebersihan mata dari benda-benda asing seperti debu dan kotoran. Mengkonsumsi buah dan sayuran juga dapat membantu kesehatan mata. Dan terakhir adalah berusahalah membaca atau menenoonton TV dalam keadaan terang benderang, karena membaca atau menonoton TV dalam kedaaan temaram dapat membuat mata menjadi rusak atau setidaknya silindris.

Baca lanjutan artikel : Cara membaca secara effektif