Aspek Memory Manusia

Memory dapat dibagi menjadi dua kategori/aspek memory (manusia), yaitu aspek daya tampung dan aspek daya panggil. Daya tampung adalah kemampuan otak untuk menerima dan menyimpan informasi yang masuk. Daya panggil adalah kemampuan otak untuk mengambil kembali dan mengeluarkan informasi tertentu dari database informasi yang ada didalam otak.

Apabila ada orang mengeluh karena memiliki memory yang buruk, maka sebenarnya tidak seluruh memorynya yang buruk melainkan hanya kemampuan untuk memanggil informasi yang tersimpan didalam memory. Contoh, ketika seseorang mengatakan bahwa “saya sebenarnya tahu, tetapi tidak ingat” ini mengindikasikan otak sebenarnya menyimpan informasi tersebut tetapi tidak dapat memanggilnya kembali.

Jika kita ingin meningkatkan kemampuan memory kita, maka itu sama artinya kita ingin meningkatkan daya panggil otak. Bukti yang menunjukan bahwa sebenarnya banyak kemampuan daya tampung otak kita besar tetapi kita sebenarnya hanya kesulitan untuk memanggilnya kembali adalah ketika kita sedang bermimpi atau dalam keadaan pingsan. Seringkali pada saat tersebut semua kejadian yang sudah lama terjadi kembali terlintas dipikiran kita dengan sangat jelas.

Baca lanjutan artikel : Cara kerja daya panggil