Perbedaan Metode Pencarian Data

Masing-masing mesin pencari mempunyai metode yang berbeda-beda dalam menghasilkan hasil pencarian kata kunci. Google yang menggunakan pagerank sebagai salah satu penentu hasil pencarian, akan menghasilkan hasil pencarian yang berbeda dengan search engine lain, meskipun kata kunci yang dicari adalah sama. Hal ini disebabkan karena metode pencarian data yang dipakai oleh google dan search engine lain tersebut berbeda pula.

Beberapa search engine menggunakan pagerank sebagai salah satu penentu hasil pencarian, sedangkan search engine lain mungkin lebih mementingkan judul halaman dan kata kunci saja.

Berikut ini beberapa kunci penilaian pagerank.
  • Jika banyak link dari halaman dengan nilai pagerank rendah ke suatu halaman utama website X, tetap akan meningkatkan nilai pagerank website X tersebut.
  • Jika banyak link yang menuju ke suatu halaman lainnya tetapi masih didalam website yang sama (internal link), maka tidak akan mempengaruhi nilai pagerank tersebut.

Catatan : Link dari halaman X yang mempunyai nilai pagerank yang tinggi ke halaman Y, secara tidak langsung juga akan mendongkrak nilai pagerank halaman Y selama halaman X dan Y tersebut berasal dari website yang berbeda (external link).

Baca juga : Cara Mengetahui Nilai Pagerank