Cara Mengetahui Nilai Pagerank

Banyak sekali cara untuk mengetahui nilai pagerank suatu halaman. Jika anda pemilik suatu website atau blog, anda bisa menyisipkan gadget yang berfungsi untuk menampilkan nilai pagerank website atau blog tersebut.

Jika website atau blog tidak mempunyai gadget untuk menampilkan nilai pageranknya, anda tetap bisa mengetahuinya dengan menggunakan software yang disediakan oleh google yang bisa didownload di http://toolbar.google.com/
atau http://pagerankstatus.mozdev.org/installation.html

Perlu diketahui bahwa nilai pagerank yang bisa dilihat oleh pengguna internet akan diperbaharui nilainya oleh google setiap tiga bulan sekali, sehingga jangan terlalu percaya dengan nilai pagerank yang ditampilkan saat ini karena nilai pagerank yang sebenarnya boleh jadi lebih rendah atau lebih tinggi.

Untuk mempertinggi nilai pagerank suatu halaman website, tidak ada cara lain selain mengusahakan agar banyak halaman website lain mempunyai link ke halaman website yang anda miliki. Salah satu cara yang paling effektif adalah dengan saling bertukar link antar sesama pemiliki website atau blog didalam suatu komunitas. Cara lain yang yang agak lebih mahal adalah dengan membeli link dari halaman yang mempunyai pagerank tinggi. Misal, anda meminta pemilik website X yang mempunyai nilai pagerank tinggi, untuk membuat link ke halaman website anda dengan perjanjian anda akan membayar sejumlah uang kepada pemilik website X tersebut.

Ya betul sekali, salah satu keuntungan jika anda mempunyai nilai pagerank yang tinggi, anda bisa memperdagangkannya, karena banyak sekali pemilik website yang berminat dan bersedia membayar mahal untuk mendapatkan link dari halaman dengan pagerank tersebut.

Baca juga : Strategi Meningkatkan Traffic