Apa Yang Dimaksud Pagerank

Pagerank merupakan suatu metode algoritma yang dipatenkan untuk menugaskan suatu penilaian yang bersifat kuantitatif dari berbagai unsur yang mengaitkan suatu halaman dengan halaman lainnya di internet. Penilaian ini dilakukan melalui suatu set yang diatur sedemikian rupa, termasuk didalamnya hubungan timbal balik antar halaman yang saling mereferensikan tersebut.

Pagerank pertamakali dikembangkan oleh Larry Page di Universitas Standford dengan dibantu Sergey Brin. Mereka merancang suatu program pencarian data di internet yang dimulai pada tahun 1995 dan mendorong timbulnya suatu mesin pencari canggih pada tahun 1998 yang kemudian dikenal dengan nama google.

Didalam dunia search engine (terutama google), pagerank digunakan sebagai standar untuk menilai penggunaan mata rantai secara terstruktur terhadap suatu halaman. Melalui pagerank, masing-masing halaman diberikan suatu indikator terhadap halaman lain yang mereferensikannya. Intinya adalah semakin banyak halaman yang memiliki link ke suatu halaman X, maka semakin tinggi pula nilai pagerank halaman X tersebut. Pengaruh nilai pagerank yang tinggi akan menentukan posisi halaman X dalam halaman hasil pencarian kata kunci tertentu yang jumlahnya bisa mencapai ribuan bahkan jutaan.

Baca juga : Perbedaan Metode Pencarian Data