Link Popularity

Link popularity adalah tingkat link dari website lain yang menuju ke suatu halaman website. Berdasarkan jumlah ini, hasil index kemudian dapat ditentukan. Link popularity suatu website akan berbeda dimata masing-masing search engine karena mereka mempunyai metode yang berbeda pula dalam metode pengindexan.

Salah satu cara yang sederhana untuk mengetahui seberapa banyak link dari website lain yang menuju ke halaman suatu website, adalah dengan mengetikkan nama website tersebut di kotak pencarian search engine (misal : kayadansehat.blogspot.com) dan selanjutnya anda akan melihat daftar nama-nama website yang mempunyai link ke halaman website tersebut.

Perlu dicatat bahwa bukan hanya seberapa banyak link yang menuju ke suatu halaman website yang dinilai, tetapi juga seberapa bagus kualitas website yang mereferensikan juga merupakan sebagai bahan pertimbangan nilai link popularity.

Berikut beberapa poin yang perlu diingat dalam membuat link :
  • Gunakan link yang mengacu kepada halaman muka suatu website (homepage), atau hindari link yang menuju ke sebuah dokumen yang ada pada root tersebut.
  • Jangan lupa untuk menuliskan alamat website secara lengkap termasuk penggunaan http:// dan www.
  • Gunakan kata kunci sebagai anchor text untuk semua link dimana saja yang memungkinkan.

Baca juga : Doorway Pages