Yang Dimaksud Doorway Pages

Doorway Pages adalah suatu halaman website yang disetting sedemikian rupa sebagai pintu masuk ke halaman yang lainnya. Halaman tersebut dibuat semenarik mungkin dan diusahakan memiliki peringkat tinggi untuk kata kunci tertntu, dengan harapan pengunjung tertarik untuk membuka halaman tersebut dan mengklik link-link yang terdapat didalamnya yang mengarah ke halaman-halaman lainnya.

Halaman ini dirancang sedemikian rupa untuk membuat pengunjung penasaran, karena informasi yang disampaikan didalaman halaman ini biasanya relatif singkat dan hanya sebagai pancingan agar pengunjung membuka halaman lainnya untuk melihat informasi lebih detil.

Dengan kata lain, halaman ini lebih ditujukan sebagai pintu pembuka terhadap link dari situs lain. Situs ini bersifat satu arah, artinya anda cenderung hanya bisa membukanya dari link suatu situs yang mereferensikannya, tetapi ketika anda langsung membukanya bukan melalui suatu link, adakalanya anda akan kesulitan membukanya atau bahkan tidak dapat dibuka sama sekali.

Alasan orang membuat doorway pages salah satunya adalah karena halaman yang dituju oleh link doorway pages tersebut kurang bersahabat dengan search engine. Hal ini mungkin disebabkan karena terlalu banyaknya gambar/grafis didalam halaman tersebut sehingga tidak dapat diindex oleh search engine. Oleh karena itulah mereka membuat suatu halaman yang sangat bersahabat dengan search engine, sebagai pemancing pengunjung membuka link ke halaman yang kurang populer atau tidak bersahabat dengan search engine tadi.