Seberapa Pentingkah Page Rank

Apakah anda adalah pemilik website atau blog yang selalu mengejar-ngejar nilai tertinggi page rank ? Seperti kita ketahui bahwa salah satu pertimbangan mesin pencari seperti google, yahoo, dan lain-lain dalam menghasilan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, adalah nilai pagerank. Semakin tinggi nilai page rank suatu halaman website atau blog, maka semakin tinggi pula kemungkinan websita/blog tersebut untuk muncul pada halaman-halaman awal hasil pencarian, DENGAN SYARAT kata kuci yang dicari tersebut terdapat didalam halaman website/blog tersebut.

Sebagai ilustrasi, ketika seseorang ingin mencari artikel dengan kata kuci pencarian “obat tradisional”, maka boleh jadi ada jutaan halaman yang memuat kata kunci tersebut. Misalkan ada 100.000 ribu halaman yang memuat kata kunci “obat tradisional” maka mesin pencari akan menampilkan link ke website/blog menjadi beberapa halaman hasil pencarian secara berurutan dari 1 sampai dengan halaman ke 100.000.

Untuk dapat bersaing menduduki posisi atas dari 100.000 halaman hasil pencarian tersebut, mesin pencari akan mempertimbangkan beberapa faktor yang salah satunya adalah page rank. Tetapi perlu diingat bahwa pagerank bukanlah SATU-SATUNYA penentu posisi pada halaman hasil pencarian, menurut pendapat penulis, pagerank hanyalah merupakan pertimbangan kedua, setelah tingkat kecocokan kata kunci dengan isi artikel didalam website/blog itu sendiri.

Contoh nyata dari pendapat diatas adalah blog ini sendiri, meskipun nilai pagerank blog ini adalah 0 (nilai page rank antara 1 sampai 10) akan tetapi untuk beberapa kata kunci pencarian, blog ini bisa mencapai posisi pada halaman pertama hasil pencarian.

Kesimpulan
Daripada sibuk untuk saling bertukar link untuk meningkatkan nilai page rank, lebih baik memuat artikel unik dan lengkap agar dapat muncul pada halaman awal hasil pencarian.