Mengoptimalkan Halaman Website

Ada banyak cara untuk membuat suatu halaman dapat diindex oleh search engine atau membuat posisi suatau website berada pada posisis lebih tinggi dari sebelumnya dalam halaman hasil pencarian kata kunci tertentu, salah satunya adalah dengan mengoptimalisasikan halaman website itu sendiri (struktur halaman yang baik merupakan pertimbangan search engine dalam mengindex suatu website dan menaikkan posisi halaman hasil pencarian)

Judul Halaman
Sebaiknya judul suatu halaman atau artikel didalam suatu website berisi tentang suatu kata kunci . Banyak halaman hasil pencarian menampilkan website yang memuat kata kunci yang sama pada judul artikel atau halaman web dengan kata kunci yang dicari. Sulit untuk membuat suatu website berada pada posisi atas hasil pencarian untuk kata kunci “obat tradisional” jikalau judul halaman suatu website itu bertajuk “gambar artis bugil gratis”.

Heading
Penggunaan kata kunci pada heading h1 atau h2 juga memberikan penekanan pada kata kunci itu, sehingga search engine menganggap kata pada h1 dan h2 sebagai suatu kata yang penting, apalagi jika kata didalam h1/h2 tersebut sama dengan judul halaman.

Kepadatan Kata Kunci
Suatu halaman website sebaiknya memuat kata kunci yang berulang-ulang didalamnya. Tentu saja jumlahnya harus disesuaikan dengan keperluan dan proporsional dengan panjang suatu halaman/artikel. Kata kunci yang terlalu sedikit didalam suatu halaman membuat search engine sulit untuk mengindex halaman tersebut berdasarkan kata kunci dimaksud, tetapi kata kunci yang terlalu banyakpun bisa dianggap sebagai spam oleh search engine yang bisa membuat halaman tersebut tidak terindex.

Link Kata Kunci
Kata kunci yang dibuat sebagai link ke halaman lainnya (internal atau external link) dapat juga memperkuat kata kunci didalam halaman website dan bisa menarik perhatian search engine untuk mengindexnya.

Meta Tags
Meta tags juga mempunya fungsi yang sama seperti link kata kunci, yaitu dapat menarik perhatian search engine untuk mengindex halaman tersebut.

Popularitas Link
Salah satu hal penting lainnya adalah adanya link dari website lain yang mengarah ke website anda. Hal ini merupakan salah satu pertimbangan search engine untuk menentukan ranking suatu halaman website dalam halaman hasil pencarian. Jika suata website penting (mempunyai pagerank tinggi) mempunyai link ke website anda (website tersebut merekomendasikan website anda), maka search engine juga akan menganggap website anda sama pentingnya untuk diindex.

Baca juga : Tidak Semua Halaman Diindex