Index vs Ranking

Salah satu tujuan website diindex adalah supaya website tersebut dapat keluar didalam halaman hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Misalnya suatu website yang berisi tentang info obat-obatan tradisional, tentunya berharap para pengguna search engine akan menemukan website tersebut melalui halaman hasil pencarian dengan kata kunci”obat tradisional” atau ”obat tradisonal darah tinggi” atau “obat tradisional menurunkan berat badan” dan sebagainya.

Tetapi masalahnya adalah boleh jadi ada ribuan bahkan jutaan website yang memuat kata kunci “obat tradisonal” atau tema yang sama dengan website tersebut. Sehingga ketika kata kunci “obat tradisional” diketikkan, maka akan keluar ribuan daftar website yang memuat kata kunci tersebut dalam bentuk halaman-halaman hasil pencarian, misal ada 500 halaman hasil pencarian yang memuat kata kunci “obat tradisional”

Bayangkan jika seandainya website anda berada pada halaman ke 500, maka kemungkinan pengunjung akan menemukan dan membuka website tersebut akan kecil sekali dibanding dengan website yang berada pada peringkat atas halaman hasil pencarian, karena boleh jadi pengunjung sudah menemukan apa yang ia cari pada halaman awal hasil pencarian dan tidak perlu lagi membuka halaman hasil pencarian selanjutnya.

Oleh karena itu, setelah berhasil berjuang untuk dapat masuk didalam halaman hasil pencarian, maka langkah selanjutnya adalah berjuang untuk membuat website anda berada pada posisi puncak halaman hasil pencarian agar mudah ditemukan oleh pengguna search engine. Beberapa faktor penentu yang membuat suatu website berada pada posisi halaman awal hasil pencarian adalah seperti click popularity, webtraffic, keyword, page rank, dan lain-lain.

Baca juga : Posisi Puncak Halaman Pencarian