Fungsi Potasium Bagi Tubuh

Potasium atau yang lebih dikenal dengan nama kalium merupakan salah satu mineral yang diperlukan membantu kelancaran metabolisme didalam tubuh manusia. Untuk wanita yang sedang mengandung, sedikitnya dibutuhkan 2 miligram Potasium setiap hari.

Didalam tubuh potasium bisanya bekerja sama dengan Sodium atau Natrium (Na) dalam mengatur keseimbangan muatan elektrolit cairan tubuh. Selama masa kehamilan, cairan didalam tubuh akan meningkat sekitar 50%, dan jika keseimbangan elektrolit dapat dijaga, maka berbagai proses metabolisme tubuh dapat bekerja dengan lancar seperti dalam hal pengontrolan denyut jantung dan pengontrolan otot jantung.

Kebutuhan potasium yang terpenuhi juga dapat membantu tubuh terhindar dari stress dan diabetes, serta membantu fungsi sel-sel otot, saraf dan kelenjar adrenal (kelenjar diatas ginjal yang menghasilkan hormon). Oleh karena itu meskipun sedikit, kebutuhan potasium harus terpenuhi. Untuk itu mulailah dari sekarang mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak Potasium seperti Pisang, Apel, Jeruk, Semangka, dan Alupkat agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Terjaganya metaboisme tubuh menyokong tubuh untuk tetap sehat dan bugar.

Baca juga : Sensor Penyakit Abad 21