Perbedaan Kalori dan Kalori

Satu kalori adalah sebuah kuantitas energi. Sementara energi dapat berada dalam wujud yang dapat saling dipertukarkan, wujud yang paling kita kenal adalah panas. Maka satu kalori umumnya dipandang sebagai jumlah tertentu panas.

Akan tetapi berapa banyakkah tepatnya panas yang dimaksud ? Jika anda bertanya pada ahli kimia dan ahli gizi, maka jawabanyya akan sangat jauh berbeda. Bahkan perbedaanya bisa mencapai 1000 kali lebih banyak dari yang lain. Seolah olah, ketika orang menyebut kilometer, sedangkan yang lainnya menyebut meter (perbedaanya 1000 kali lipat). Maka agar tidak keliru, anda harus tahu siapa yang menyebut kalori, ahli kimia atau ahli gizi.

Sampai sekarang belum ada tanda-tanda bahwa ahli kimia dan ahli gizi akan mencari kesepakatan. Masing-masing merasa mapan dengan pendapatnya sendiri-sendiri. Maka dunia terpaksa memiliki dua pengertian tentang kalori.

Kalori orang kimia atau disebut gram calorie, adalah banyaknya panas yang diperlukan untuk menaikkan temperatur satu gram air (sekitar 20 tetes) sebanyak satu derajat celcius. Akan tetapi itu energi yang sangat kecil sekali, maka ahli gizi menggunakan food calorie: yaitu banyaknya panas yang dibutuhkan untuk menaikkan temperatur 1000 gram air sebanyak satu derajat celcius. Jadi satu food calorie sama dengan 1000 gram calorie.

Baca juga bagaimana cara kerja gula dan garam dalam mengawetkan makanan...