Lulus Tes CPNS

Akhir tahun 2008 kemarin mungkin salah satu saat yang paling membahagiakan bagi Penulis sekeluarga. Bagaimana tidak, dua orang adik Penulis yang baru saja menamatkan kuliahnya sekarang diterima di salah satu BUMN dan satunya lagi lulus tes CPNS. Yang membuat gembira selain kelulusan mereka adalah, orang tua tidak mengeluarkan uang satu sen pun untuk membantu kelulusan mereka (nyogok).

Tidak seperti cerita seorang jiron yang anaknya sudah tiga kali nyogok untuk dapat lulus tes CPNS namun tetap saja gagal. Oh ya, bagi anda yang belum bekerja dan berniat ikut tes CPNS, berhati-hatilah dengan oknum yang menawarkan kelulusan dengan syarat membayar uang puluhan juta rupiah, karena hampir dapat dipastikan itu adalah penipuan, karena saat ini tes CPNS tidak lagi seperti dulu dimana koreksi jawaban peserta ujian dilakukan oleh manusia, melainkan dilakukan dengan sistem komputerisasi dan dilakukan oleh pihak ke tiga (biasanya pihak universitas masing-masing provinsi) sehingga lebih bebas dari manipulasi pihak tertentu.

Sekarang ini modus operandi penipuan tes CPNS dilakukan dengan cara oknum tersebut meminta sejumlah uang dengan perjanjian jika peserta tersebut tidak lulus maka uang akan dikembalikan. Padahal oknum tersebut sebenarnya tidak melakukan apa-apa untuk kelulusan peserta tersebut, artinya jika peserta memang benar-benar lulus maka ia akan mengambil uang tersebut, dan seandainya tidak lulus maka uang akan dikembalikan.

Dari pada nyogok untuk dapat lulus tes CPNS lebih baik berusaha sendiri dengan salah satunya mempelajari soal tes wawancara dan tes psikologi.