Berat Maksimum Pelampung


Pengalaman menumpangi kapal yang diterjang ombak setinggi kurang lebih 4 (empat) meter telah membuat Penulis membeli sebuah pelampung yang dibawa setiap kali bepergian menggunakan transportasi laut.

Sebagai informasi saja, sebuah pelampung type III mempunyai daya apung kurang lebih 15 lbs (sekitar 7,5 kg). Lantas bagaimana sebuah pelampung (life vest) mampu membuat seseorang dengan berat badan 100 kg dapat mengapung di air ?

Jawabannya agak sedikit ilmiah. Mungkin anda sudah tahu bahwa seitar 80% tubuh manusia terdiri dari unsur air dan 15% nya adalah lemak dan minyak. Jadi ketika tubuh manusia berada didalam air, berat badannya hanya tinggal kurang lebih 5% (100% - 80% - 15%) karena air (di tubuh manusia) tidak memiliki bobot terhadap air dan lemak/minyak bahkan lebih ringan dari pada air. Oleh sebab itu bobot manusia hanya tinggal 5% saja ketika sedang berada didalam air.

Untuk kasus seseorang dengan bobot 100 kg dengan teori diatas, berat badannya ketika didalam air adalah 5 kg saja sehingga dapat diapungkan oleh pelampung dengan daya apung 7,5 kg.

Catatan : Komposisi air, lemak, dan minyak pada tubuh manusia berbeda pada masing-masing orang. Perhitungan diatas jangan dijadikan patokan.