Awas Trojan Horse Generic


Kali ini penulis dibikin pusing oleh penyebaran virus yang telah menginfeksi komputer di rumah dan di kantor. Berdasarkan hasil scan AVG 8.0, virus tersebut bernama Trojan Horse Generic8 yang telah menginfeksi file services.exe pada direktori c:\windows.

Berikut Beberapa Karakteristik Virus Tersebut
  1. Menamakan dirinya dengan nama yang sama dengan nama file sistem, yaitu service.exe, namun bedanya adalah nama virus tersebut diawali dengan huruf kapital (Service.exe). Akibatnya sistem komputer menolak untuk menghentikan file tersebut karena menganggap dapat merusak file sistem.
  2. Jika anda menghapus file Services.exe tersebut secara manual, maka file tersebut akan muncul kembali, dan jika anda mencobanya lagi, maka virus tersebut dapat mengeluarkan ancaman akan memusnahkan seluruh sistem komputer anda.
  3. Ukuran file berkisar antara 17 sampai dengan 18 kb dan biasanya terletak di direktori c:\windows\
  4. Membuat aplikasi antivirus anda nampak bodoh, kerena ia mampu menonaktifkan aplikasi antivirus anda baik pada saat akan men-scan file atau pada saat akan menginstal aplikasi antivirus baru.
  5. Memiliki nama alias lain yaitu W32.Trafox.A
  6. Dapat menginfeksi folder pada flashdisc anda dan membuat folder tersebut berekstension exe.
  7. Penulis mencurigai virus ini juga memiliki tujuan yang agak sedikit naif, yaitu setiap pengguna komputer yang terinfeksi virus ini ingin membuat nama file atau folder dengan nama yang agak sedikit saru seperti, porno, sex, naked, dan sebagainya atau ketika anda mengetikkan keyword saru kedalam kotak pencarian (baik IE ataupun Firefox), maka virus tersebut akan langsung menutup file atau browser tersebut tanpa konfirmasi.
  8. Seperti karakteristik virus atau trojan horse lainnya, ia mempunyai tujuan untuk menggangu anda dengan merusak sistem komputer atau mencuri data penting dari komputer anda.
Akhirnya sampai dengan saat artikel ini dirilis (kereeeen), penulis tetap belum bisa menemukan cara yang ampuh untuk mengusir virus pintar dan aneh tersebut. Mungkin ada yang bisa memberikan saran ? mohon bantuannya dengan mengirim email ke earnmuchdollars@gmail.com