Membuat Password Yang Baik


Memilih atau membuat password yang aman bukan hanya sekedar persoalan menulis sebaris angka atau abjad, melainkan lebih pada mengamankan data-data pribadi dari kemungkinan cracking. Berikut cara membuat password yang baik :
  1. Jangan menggunakan kata-kata atau angka-angka yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nama seseorang, dan sebagainya. Jika terpaksa, samarkan angka atau abjad yang sebenarnya dengan angka atau abjad yang menyerupai. Misal jika anda berniat membuat password dengan kata “cinta”, maka gantilah dengan “<1n7a”.>
  2. Padukan antara huruf, angka, dan simbol pada saat membuat password, dan jangan lupa gunakan hurup kapital dan huruf kecil sebagai variasi, misalnya : pAsS34%(6*2woRd.
  3. Untuk membantu mengingat password, coba buat password dari hurup awal sebuah kalimat. Misalnya ”saya punya dua anak : budi dan wati” menjadi “ sp2a:b&w”
  4. Cobalah untuk menghapal password anda dan bukan menulisnya disecarik kertas, karena seseorang dapat dengan mudah menemukan kertas tersebut.
  5. Semakin panjang password maka semakin bagus. Jangan membuat password kurang dari 6 karakter, jika tidak password tersebut dapat dengan mudah dijebol oleh software cracking dengan menggunakan metode brute and force.
  6. Jangan menggunakan password yang sama untuk semua karena sekali seseorang mengetahui password anda maka ia dapat membuka seluruh data pribadi anda.
  7. Jika terpaksa menggunakan angka pribadi sebagai password, maka buatlah sebuah rumus untuk mengkonversinya menjadi password. Misal tanggal lahir anda adalah 3 Oktober 1977 atau 031077, maka tambahkan tiap-tiap angka dengan angka satu sehingga menjadi 142188. Buatlah rumus sesuai keinginan anda.
  8. Gantilah password anda secara berkala dan jangan gunakan password yang sama dalam satu tahun terakhir.
  9. Baca juga : Cara menjebol password file dokumen