Tentang Olah Raga Badminton


Olah raga Badminton memiliki sejarah yang panjang. Olah raga ini berasal dari salah satu permainan atau lomba yang dimainkan oleh bangsa Yunani kuno, bangsa India, dan China. Di India olahraga ini disebut poona. Orang-orang Inggris kemudian belajar olah raga tersebut dan kemudian membawanya ke Inggris. Badminton mengambil nama dari Badminton House di Gloucestershire, rumah bangsawan dari Beaufort, dimana olahraga tersebut dimainkan pada tahun 1873. Secara kebetulan, Gloucestershire sekarang merupakan basis Federasi Badminton Internasional (IBF).

IBF didirikan pada tahun 1934 dengan 9 anggota yaitu Kanada, Denmark, Inggris, Perancis, Irlandia, Belanda, Selandia Baru, Skotlandia, dan Wales. Ada penambahan jumlah anggota yang cukup signifikan setelah olahraga Badminton dimasukkan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olmpiade Barcelona.

Turnamen besar internasional pertama yang diadakan oleh IBF adalah Thomas Cup (kejuaraan dunia tim pria) pada tahun 1948. Sejak saat itu, jumlah even-even dunia meningkat dengan ditambahkannya Uber Cup (kenjuaraan dunia tim wanita), All England (kejuaraan dunia individu), Piala Dunia, Sudirman Cup (kejuaraan untuk regu campuran), dan sebagainya.