Pola Air Pasang


Naik turunnya pasang disebabkan oleh perubahan tarikan gaya berat (gravitasi) bulan dan matahari. Pasang lebih besar dibeberapa tempat dari pada ditempat lainnya. Di teluk Fundy, antara Nova Scotia dan New Brunswick, perbedaan pasang naik dan pasang turun kerap kali mencapai 12 hingga 18 meter. Pada waktu posisi bulan, matahari, dan bumi membentuk garis lurus, gaya tarik bulan dan matahari bergabung. Akibatnya terjadi pasang purnama yang lebih tinggi pada pasang naik dan lebih rendah pada pasang turun. Ini terjadi pada saat bulan purnama atau bulan muda. Waktu posisi matahari dan bulan membentuk sudut siku-siku (pada awal bulan separuh), pasang lebih rendah pada pasang naik dan lebih tinggi pada pasang turun. Ini disebut air perbani atau pasang penuh.

Pasang naik biasanya datang kira-kira 12 jam 25 menit sesudah pasang naik sebelumnya. Pasang turun datang kira-kira diantara dua pasang naik. Maka perbedaan pasang terjadi lebih lambat hampir satu jam setiap hari dari pada hari sebelumnya akibat perubahan yang tetap dalam posisi relatif bumi, matahari, dan bulan.

Hanya danau yang sangat besar saja yang mengalami air pasang yang dapat dilihat. Muara dan saluran menuju laut lainnya dipengaruhi oleh pasang. Dan jika sungai mengalir ke laut pada permukaan yang relatif datar, pasang naik akan lebih jauh ke hulu dari pada muara.