Asuransi Kesehatan (Health Insurance)


Dalam kehidupan, kehilangan terkadang merupakan sesuatu yang tidak terhindarkan. Orang-orang mungkin menderita sakit dan kehilangan pekerjaan atau tabungan untuk membiayai pengobatan. Seseorang atau keluarganya mungkin mengalami kematian akibat sakit atau kecelakaan. Dan tidak seorangpun mengetahui kapan kehilangan akan terjadi atau seberapa serius kehilangan tersebut.

Asuransi kesehatan (health insurance) menawarkan sebuah jalan kepada orang-orang untuk mengeluarkan biaya yang diasosiasikan dengan perawatan kesehatan. Asuransi kesehatan membayar biaya-biaya kesehatan seperti biaya berobat ke dokter, rumah sakit, dan penyedia jasa kesehatan lainnya. Dengan melakukan hal diatas, asuransi kesehatan melindungi orang-orang dari masalah keuangan yang disebabkan oleh besarnya biaya pengobatan.

Masyarakat bisa mendapatkan asuransi kesehatan baik dari perusahaan swasta atau perusahaan pemerintah. Hampir semua negara industri telah memiliki sistem asuransi kesehatan yang melindungi setiap warganya, karena mereka menganggap perawatan kesehatan merupakan hak dasar kewarganegaraan.

Dengan mengkombinasikan atau mengumpulkan resiko banyak orang kedalam satu grup, perusahaan asuransi bisa membuat resiko keuangan yang dikaitkan dengan perawatan kesehatan menjadi lebih dapat diatur/manage. Para ahli asuransi bisa memprediksikan secara masuk akal biaya perawatan kesehatan dari suatu grup yang besar, meskipun mereka tidak tahu kedepan seberapa banyak perawatan kesehatan diperlukan untuk masing-masing orang.