Gangguan Saraf Terjepit

Gangguan saraf terjepit (istilah awam) atau dalam istilah medis dikenal dengan sebutan radiculopati cervical merupakan suatu gangguan yang terjadi pada saraf akibat terjepit sehingga menimbulkan rasa sakit, mati rasa, atau kebas yang terkadang tidak diketahui sumbernya.

Kondisi ini biasanya terjadi karena adanya kerusakan atau bergesernya susunan tulang atau sendi (diskus), misalnya pada sendi didaerah sekitar leher. Tulang leher kita sebenarnya terdiri dari banyak sekali ruas tulang (sendi), dan diantara ruas tersebut terdapat bantalan sendi (diskus). Selain diskus, terdapat pula saraf-saraf yang menggerakan atau memberikan rangsangan ke beberapa anggota tubuh, dan apabila bantalan sendi ada yang bergeser, akan menyebabkan saraf diantaranya terjepit.

Saraf terjepit banyak dialami oleh orang yang mengalami cedera atau penderita pengapuran tulang akibat penuaan. Jika tidak di tanggulangi dengan segera oleh dokter, maka dapat menyebabkan kelumpuhan. Pengobatan saraf terjepit sebenarnya tidak memerlukan tindakan operasi jika ditanggulangi secara dini. Pengobatannya berupa pemberian obat-obatan anti peradangan/obat saraf dan terapi.

Salah satu pencegahan terjadinya saraf terjepit adalah dengan menjaga persendian di tubuh kita, dan untuk menjaga sendi tersebut justru kita harus sering-sering menggunakannya dengan cara beraktivitas dan berolah raga secara teratur