Cara Pernapasan Buatan


Orang yang berhenti bernafas hanya punya waktu 4 (empat) menit saja untuk dapat bertahan hidup. Untuk itu anda harus bertindak cepat jika melihat hal yang demikian. Lakukanlah pernafasan buatan dengan segera dengan cara, baringkan penderita dengan mulut menengadah, dongakkan kepalanya ke belakang, dan tarik rahangya ke depan.

Tutuplah hidungnya dengan tangan agar udara tidak dapat keluar, dan buka mulutnya lebar-lebar kemudian tutup mulutnya dengan mulut anda, lalu hembuskan udara kuat-kuat ke dalam paru-parunya supaya dadanya mengembang. Berhenti sebentar untuk membiarkan udara keluar (atau dengan menekan dadanya beberapa kali menggunakan kedua telapak tangan) lalu ulangi lagi menghembuskan udara kedalam mulutnya. Ulangi sebanyak 15 kali permenit, sedangkan untuk bayi lakukan sebanyak 25 kali permenit namun lakukan dengan hati-hati sampai penderita dapat bernafas kembali.

Lakukan sampai kurang lebih selama satu jam atau selama ia belum sadarkan diri. Catatan dalam memberikan bantuan pernafasan buatan bagi orang yang tenggelam, lakukanlah sesegera mungkin pernafasan buatan namun dengan terlebih dahulu mengeluarkan kotoran yang menyumbat rongga pernafasannya.