Memeriksa Otot dan Saraf


Jika seseorang mengeluh kesemutan, lemas, atau tidak dapat mengendalikan bagian tubuhnya, maka boleh jadi ada gangguan otot atau saraf. Jika anda ingin memeriksanya maka suruhlah penderita untuk tersenyum, mengerutkan dahi, membuka matanya lebar-lebar dan menutupnya rapat-rapat. Jika terdapat gangguan yang secara tiba-tiba maka boleh jadi penderita mengalami luka pada bagian kepala, stroke atau bell’s palsy (lumpuh sementara). Jika gangguan datang secara perlahan, mungkin merupakan tanda tumor otak, atau periksalah ke dokter untuk lebih jelasnya.

Periksalah lengan dan tungkai. Perhatikan apakah ada pengecilan otot atau perbedaan ukuran antara yang kanan dan yang kiri. Apabla terdapat pengecilan atau kelemahan otot secara menyeluruh maka dapat dicurigai sebagai gejala kurang gizi atau penyakit menahun seperti TBC.

Apabila pengecilan atau kelemahan otot tidak sama atau lebih buruk pada salah satu sisinya, maka pada anak-anak kemungkinan terkena polio, jika pada orang dewasa kemungkinan terserang gangguan tulang belakang, luka pada kepala, atau penyakit pembuluh darah otak.