Cara Menghitung Masa Subur


Sekedar untuk menambah pengetahuan saja, ternyata masa subur seorang wanita didalam satu kali siklus haid adalah tidak lebih dari satu setengah hari saja. Pada masa itu diperkirakan terjadinya ovulasi atau keluarnya telur sehingga wanita dinyata subur karena siap untuk dibuahi dengan sperma yang datang. Artinya ketika ia berhubungan sex maka kemungkinannya relatif lebih kecil jika tidak bertepatan dengan masa subur tersebut (bukan berarti tidak bisa hamil).

Pengetahuan tentang masa subur ini sering digunakan oleh beberapa pasangan yang enggan untuk memakai alat-alat kontrasepsi dan menggantikannya dengan cara yang lebih alami dengan tidak berhubungan pada masa subur. Atau sebaliknya, dengan mengetahui masa subur wanita, pasangan yang ingin mempunyai keturunan akan melakukan “usaha” yang lebih intens pada masa subur tersebut.

Adapun cara menghitung masa subur seorang wanita adalah dengan cara :
  • Ketahui dahulu rata-rata siklus haid kamu mis : X hari
  • Rumus nya adalah, perkiraan hari terjadinya Ovulasi, ( Y ) =Tanggal haid pertama + X hari - 14 hari
  • ( Y ) adalah Prakiraan hari terjadinya Ovulasi
  • Masa subur adalah prakiraan hari Ovulasi dapat terjadi yaitu di perkirakan 3 hari sebelum nya sampai 3 hari setelah nya atau mulai dari TGL ( Y - 3 hari ) s/d ( Y + 3 hari )